Tinggalkan Jejak Lebih Jauh

Thursday 27 October 2016

Fun Hiking Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Kadang Batu - TNGP
Gunung Gede  berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang terletak di provinsi Jawa Barat, Taman Nasional ini ditetapkan pada tahun 1980, taman nasional ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. TN Gunung Gede Pangrango didirikan untuk melindungi dan mengkonservasi ekosistem dan flora pegunungan yang catik di Jawa barat dengan luas 21.975 hektare. wilayahnya mencakup dua puncak gunung Gede dan Pangrango beserta tutupan hutan pegunungan di sekelilingnya. tak hanya itu di kawasan ini juga terdapat Curug, Airpanas, Canopy trail, dan telaga.

bila kita kembali ke sejarahnya, kawasan ini sesungguhnya telah lama dikenal dalam dongeng dan legenda tanah sunda, salah satunya naskah perjalanan Bujangga Manik dari sekitar abad - 13 telah meyebut tempat bernama puncak dan bukit Ageung (yakni, Gunung Gede) yang disebut sebagai "..hulu wano na Pakuan" (tempat tertinggi di pakuan). agaknya, pada masa itu telah ada jalan kuno yang menyambungkan Bogor dengan Cianjur. yang melewati Gunung Gede di sekitar cipanas sekarang.

Pada Masa penjajahan Belanda kawasan ini merupakan area Pertanian info selengkapnya silahkan [klik]
Sumber : wikipedia

Ini mrupakan perjalanan ke-2 dalam seminggu dimana Senin 19 September 2016 saya juga berkunjung ke TNGP klik [disini] untuk melihat postingannya, dan pada posting ini merupakan Funhiking Bersama PT. Cardig, Sabtu, 24 September 2016

Jum'at 23 September setelah pulang kerja kami berangkat menuju cibodas, puncak Bogor dengan menggunakan GrabCar dengan pertimbangan tidak perlu menunggu bus dan bisa di Jumput hingga Lobby Kantor. singkat cerita kami tiba di cibidas tengah malam langsung bermalan di warung yang menyediakan kamar tidur.

Sabtu, 24 September 2016

Setelah sarapan dan sedikit pemanasan kami bergerak untuk lakukan tracking, Langkah awal terasa berat dikarekan kaki yang maih terasa kaku akibat Naik GrabCar (duduk sambil memangku caril). Napas seaakan terasa boros di sertai keringat yang mulai menetes dari seluruh bagian tubuh.

Jembatan beton (Jembatak kayu)

Jembatan  beton
Di jembatan sejenak kami melepas lelah sembari mengabadikan beberapa gambar yang jarang kita temukan di Ibu Kota. setelah teaga mulai pulih kami melanjutkan perjalanan. beberapa penampakan Track Jembatan :

Langkah Kami semakin terasa berat saat hujan mulai membasahi tanah, jalan jang kiat terjal dan menanjak, di tambah Kondisi beberapa Team kurang prima, semakin membuat langkah kami kian melambat, setelah beberapa jam di guyur hujan keram mulai menghampiri salah satu anggota kami membuat kami diam ditempat beberapa saat, sunggu hari yang di guyur hujan lebat tanpa henti. kurang lebih pukul 15:00 kami tiba di Kandang batu, setelah berunding akhirnya kami memutuskan berkemah di kandang batu dikarenakan cuaca yang sangat tida mendukung. Magrib belum tiba akan tetapi cahaya siang sudah tak terlihat, semua sudah menghitang membuat kami stay di tenda. sambil mengisi perut di iringai tetesan air hujan yang menghantam tenda, jam baru menunjukan pukul 20:00 namun hujan kian deras sehingga memutuskan kami untuk beristirahat.

Minggu 25 September 2016
Kandang batu
Mentari pagi pun mulai mengintip di sela sela pohon memacu semangat kami untuk melanjutkan perjalanan, kami bergegas menyiapkan sarapan pagi.

Setelah perut terisi kami segera packing namun mentari pagi tak lama menampakan diri ia begitu cepat berganti dengan kabut putih sehingga mematahkan semangat kami, denan penuh pertimabgan kami pun memutuskan untuk turun dikarenakan cuaca benar benar tak mendukung, serta kondisi beberapa anggota kami tidak dalan kondisi prima, perjalanan kami pin di iringi hunjan yang kian lama kian derah, bahkan di persimpangan ke curung cibereng kami menunggu hujan hingga 1 jam namun tak kunjung reda memaksa kami terus berjalan hingga turun di temani guyuran air hujan

Berikut dokumentasi perjalanan kami:

Untuk :
 Roundown serta estimasi waktu silahkan klik [ disini]
Prosedur pendaftaran berkunjung ke TNGP klik [ disini ]

PAYUNG RIMBA
S A L A M   L E S T A R I

1. kalo daki gunung gede sampe puncak tuh berapa jam sih min?

1. Normalnya 5-6 jam (via cibodas) 1 puncak, karena puncak gede dan pangrango berbeda arah. untuk roundown dan estimasi waktu bisa cek di postingan inihttps://payungrimba.blogspot.co.id/2016/10/pendakian-gunung-gede-2958-mdpl-via.html?m=1 saat saya kesana memakan waktu 10 jam dikarenaka cuaca yang tak menukung (hujan deras) di tambah full bag ke puncak, saran saya camp di kandang badak karena track ke puncak dari kandang badak sangat curam apa lagi di tanjakan rante (tanjakan setan). Booking dilakukan secara online, daftarlah dari jauh jauh hari agar kebagian kuota.

2. seru banget, Terakhir kesono minggu kemarin gan.
    ane taro dimari http://kopac-adventure.com

1. Mantap Djiwa, sukses selalu buat http://kopac-adventure.com/

Payung Rimba. Powered by Blogger.