Tinggalkan Jejak Lebih Jauh

Saturday, March 5, 2016

Curug Cigentis

Curug Cigentis
KARAWANG, dibalik ketenaran Padi dan Goyangannya, terdapat tempat wisata air yang cukup populer di di kota ini, yaitu curug cigentis yang terletak di desa mekarbuana, kecamatan Tegal waru, kabupaten Karawang, kami berkunjung ke lokasi ini pada tahun 2012.
Pemandangan saat perjalanan
pada tahun 2013 akhir saya mendapatkan informasi dari sahabat saya tang tinggal di karawang bahwa akses menuju curug cigentis telah di beton sehingga  kendaraan roda 4 sudah dapat dengan mudah mencapai lokasi ini hingga loket pembayaran.

pada tahun 2014 saya coba searching kembali lokasi wisata ini di salah satu wesite, yaitu travelmatekamu saya mendapatkan info update kembali bahwa di sana sudah di kelola dengan baik serta menyediakan objek wisata lain, sangat jauh berbeda saat 2012 saya kesana.

Selain tempat wisata ini masih beggitu asri, terdapat sejarah dan mistis di tempat wisata yang satu ini, dikarenakan air terjun (Curug) ini beradi di kaki gunung sangga buana, yang sekarang sudah mulai di daki para penikmat alam


Sedikit info menggenai Gunung Sanggabuana
Gunung ini terdapat dalam wilayah kabupaten Karawang, desa Mekarbuana, Tegalwaru dengan ketinggian 1.291 Mdpl Gunung tertinggi di Karawang. gunung ini terletak di perbatasan 4 kabupaten yaitu Karawang (utara), Purwakarta (Selatan), Cianjur & Bogor (Barat). 

Status kawasan hutan gunung sanggabuana termasuk kategori hutan produksi dan sedang diusulkan menjadi hutan lindung guna mencegah meluasnya kerusakan hutan di wilayah tersebut.

Hutan gunung sanggbuana masih cukup terawat, pepohonan menjualng tinggi masih dapat kita saksikan berjejeran. serta terdapat  beberapa makan di di puncak gunung ini yang menciptakan aroma mistis salah satu makam tersebut merupakan makam Ki Sapujagat, pada saat di puncaknya kita dapat menyaksikan pemandangan, bahkan kita bisa melihat kota karawang, bendungan jatiluhur purwakarta.

Parkir motor
Sekitar Parkiran
Tempat Pendapftaran (loket)

Aksesbilititas

Berjarak 44 km dari pusat kota Karawang dan dapat di lalui kendaraan roda empat atau dua dengan kondisi jalan beraspal

Rute kendaraan roda empat

Dari kota Karawang masuk ke jalan tol Cikampek hingga pintu Tol Kantor Asper dengan kurang lebih 30 km. selanjutnya dari pintu keluar Kantor Asper diteruskan menuju Parakan Badak sejauh kurang lebih 10 km sesampainya di Parakan Badak ambil arah ke Desa Jayanti kurang lebih 3,5 km. setelah parkir di desa tersebut dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju jalan setapak sejauh 2 km.

Dari Cikarang Baru lewat Delta Mas-Dendungan Cibeet-Pangkalan Loji hingga Desa Jayanti, di teruskan dengan berjalan kaki 2 km

Rute kendaraan roda dua
Jakarta-Cibubur-Cariu-Pasar Loji-Curug Cigentis dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam


Selain curug cigentis terdapat pula Curug Cipanundaan, Curug bandung, Curug Cikarapyak, dan Curug Cikoleangkak









S A L A M   L E S T A R I
PAYUNG RIMBA




0 comments:

Post a Comment

Payung Rimba. Powered by Blogger.